Langsung ke konten utama

ulasan Laptop

MAKALAH ULASAN LAPTOP
Tugas Mata Kuliah
Pengantar Teknologi Sistem Cerdas

Disusun Oleh :
Nurul Hidayat
Ragil Satria (15115539 )
Raspati Hadjar P ( 15115669 )
Rendi Yusuf
Rendra Yonathan
Syendi Nazera ( 16115775 )
Tri Fitriana R
TriSandi Ndu U (15115539 )



UNIVERSITAS GUNADARMA

2017/2018





BAB I PENDAHULUAN



Abstraksi

Semakin majunya dunia teknologi kini telah ditemukannya teknologi laptop, laptop adalah komputer portable yang memiliki fungsi sama seperti komputer desktop hanya saja kelebihan laptop yaitu bisa dibawa kemana saja dan memiliki berat yang relatif ringan sekitar 1-6 kg, kecil karena bisa dilipat,  lalu perbedaan lain yang mencolok adalah laptop menggunakan batre atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk diisi ulang sumber dayanya, lalu dengan arsitektur komponen pada laptop pun beragam, karena bentuk nya yang tipis, manufaktur laptop tersebut harus merancang motherboard sedemikian rupa agar bisa direalisasikan pada bentuk ketipisan yang telah di desain oleh manufaktur itu sendiri.

Sama halnya seperti desktop, display pada laptop pada era teknologi modern ini menggunakan layar LCD atau LED yang menyatu dengan laptop,  lalu input output yang dimiliki laptop pun rata-rata sama dengan desktop yaitu mempunyai port USB, HDMI port, dan D-Sub port, pada ASUS X450J ini memiliki spesifikasi sebagai berikut, processor i7 4700HQ yaitu seri processor Intel i7 HQ yang diperuntukan untuk arsitektur laptop, chipset motherboard HM86, memmory atau RAM sebesar 4GB dengan tipe memmori DDR3L, display LED 14” mempunyai resolusi 1366x768, video card atau GPU Nvidia GeForce GT 745M berkapasitas 2GB pada vram nya dan bertipe DDR3 yang mampu mengatasi masalah graphical pada laptop, mempunyai port 1 x COMBO audio jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin untuk monitor external, 1 x USB 3, 2 x USB 2.0, 1 x RJ45 LAN Jack untuk kabel LAN, 1 x HDMI, 1 x SD card reader, dan yang terakhir yaitu penyimpanan 1TB Harddisk berkecepatan 5400 RPM


Latar Belakang

Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai. Laptop terkadang disebut juga dengan komputer notebook atau notebook saja.
Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.

Rumusan Masalah

·         Apakah Laptop itu?
·         Apa saja jenis dari Laptop
·         Bagaimana Sejarah dan Perkembangan Laptop 
Tujuan Penulisan

·         Mengetahui Apa sebenarnya Laptop itu?
·         Mengetahui jenis – jenis dari Laptop
·         Mengetahui Sejarah dan Perkembangan Laptop






BAB II ISI



Pengertian Laptop
Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop gratis juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai "pengganti" tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket Universal Serial Bus maupun PS/2 jika tersedia.

Berbeda dengan komputer desktop, laptop memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.

Jenis-Jenis Laptop

Netbook

Netbook merujuk pada spesies komputer jinjing yang memiliki spesifikasi tertentu. > Sebuah netbook umumnya menggunakan prosesor Intel Atom. > Jenis komputer jinjing ini berukuran kecil, biasanya dengan layar di bawah 12 inci dan berat kurang lebih 1 kg.  Netbook mulai populer ketika Asus mengeluarkan produk bernama Eee PC. Ketika itu, komputer dengan harga murah ini menggunakan harddisk layaknya sebuah media penyimpan portabel USB Flash Disk (UFD), dengan kapasitas rendah 4GB.

Mainstream

Laptop ini ,memiliki ciri yaitu: > Prosesor yang digunakan, misalnya Intel Core i5, i3, dan Core 2 Duo. > Memori minimal 2GB. > Memiliki Drive untuk membaca dan menulis DVD. > Keyboard berukuran penuh atau setidaknya 80% dari lebarnya sendiri.

Tablet PC

Perangkat ini memiliki layar sentuh sehingga mudah diputar, dan mudah dibawa kemana saja.  Mulai 2010, perangkat ini menjadi tren baru. Tren ini dikomandani oleh Apple Inc. yang menghadirkan iPad ke pasaran. Namun, ada perbedaan antara Tablet PC dan iPad, yaitu: > Tablet PC menggunakan stylus yang digunakan. Sedangkan iPad menggunakan jari-jemari. > Tablet PC dimaksudkan sebagai laptop yang berbeda. Sedangkan iPad dimaksudkan sebagai gadget.


PERKEMBANGAN LAPTOP

Komputer jinjing atau dalam bahasa Inggris Laptop,notebook atau Powerbook adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan,beratnya kisaran dari 1-6 kg,tergantung ukuran,bahan dan spesifikasi laptop tersebut.

SEJARAHNYA:

Ide Pembuatan komputer portable ini sebenernya sudah digagas pada tahi 1970-an. Gagasan tersebut di cetuskan oleh Alan Kay, Beliau adalah seorang ilmuan komputer dar amerika dan lahir pada 17 mei 1940. Alan Kay sudah mengagas komputer portable sebelum orang lain membayangkannya, dan ide dari alam ini di sambut dengan Adam Osbron. Beliau adalah Publisher software dan bekerja di sebuah penerbit buku di Amerika, Lahir pada 6 Maret 1939 di Bangkok dan meninggal pada 18 maret 2003 di kodaikanal, India

Proyek komputer portable pertama ini diberi nama "Osborne 1". Dirilis pada bulan April 1981 oleh Osborne Computer Corporation. Memiliki berat 23,5 pon atau sekitar 10,7 kg dan berharga $1795 atau sekitar 16 jutaan rupiah. Alat ini mungkin terlihat aneh ya, berukuran super besar dan dilengkapi layar monitor 5 in. Menggunakan sambungan listrik dengan baterai cadangan dan 2 floppy drive ukuran 5 ¼ in, modem port, dan keyboard. Kemudian penemuan itu terus dikembangkan hingga sekarang.

Untuk kata laptop sendiri, pendapat sebagian orang kata laptop berarti "dipangku atas", jadi definisinya adalah komputer pribadi yang agak kecil, yang dapat dibawa-bawa dan dapat ditempatkan di pangkuan pengguna, terdiri atas satu perangkat yang mencakupi papan tombol, layar tampilan, mikroprosesor, biasanya dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang., layar tampilan, mikroprosesor, biasanya dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang.

ASUS X450J

Asus adalah salah satu perusahaan besar di dunia yang selain bermain di bidang startup juga menjual laptop, bahkan sampai ke smartphone. Harga yang kompetitif dan fitur canggih yang ditawarkan banyak membuat masyarakat menggemari produk dari asus ini. di usung dengan prosesor canggih dari Intel membuat asus X450J ini banyak diminati. Berikut ini spesifikasi lengkap dari asus X450J ini

Spesifikasi asus X450J:

·         Prosesor Intel® Core™ i7-4700HQ Processor (2.4 GHz, Cache 6MB) Max Turbo Frequency: 3.4 GHz
·         Memori 4GB DDR3
·         Harddisk 1TB HDD
·         DVDRW
·         VGA NVIDIA® GeForce® GT 745M 2GB
·         Layar LED 14 inch resolusi 1366×768 pixel
·         Kamera Ya
·         Jaringan WIFI b/g/n, LAN
·         Port USB 1x USB 3.0, 2x USB 2.0
·         Baterai 4 Cell 2950mAh
·         Sistem Operasi (OS) No OS/DOS/Windows 8
·         Ukuran 348 x 241 x 24.8 mm (WxDxH)
·         Fitur Lain 1x HDMI, 1x D-SUB, Card Reader, Bluetooth
·         Berat 2.1Kg

Kelebihan

Dari segi prosesor sudah high-end yaitu i7 teknologi processor paling tinggi kelas nya pada laptop, dengan ditambah dengan kehadiran GPU GT 745 membantu masalah komputasi graphical pada laptop ini, contoh saat bermain game dan desain tidak ada beban sama sekali, lalu dibekali dengan Hdd 1TB membuat media besar, tidak perlu cemas jika menginstall banyak aplikasi atau game. Selain itu terdapat cutting power dimana pengguna tidak perlu cemas jika terus mencharge laptop asus sekali pun sudah penuh.

Kekurangan

Kapasitas batrai yang terbilang kecil membuat Laptop ini cepat kehabisan daya jika dipakai intensif, lalu laptop akan terasa panas setelah pemakaian sekitar 1 jam lamanya.

Deskripsi Data Hasil Penelitian

ASUS X450J ini laptop yang sangat kuat untuk kegiatan produktif maupun hiburan sehari-hari, dengan teknologi processor dari Intel dan ditemani dengan GPU dari nvidia lalu dibekali penyimpanan yang besar, yaitu sebesar 1TB yang mampu menyimpan file yang cukup banyak. laptop ini tidak kalah saing dengan laptop di pasaran lainnya, walaupun memiliki beberapa kekurangan.




BAB III PENUTUP



KESIMPULAN 
Beradasarkan pada hasil review pada laptop ASUS X450J adalah laptop ini memiliki kelebihan dalam menjalankan kegiatan produktif sehari-hari ataupun bermain game, karena laptop ini dibekali processor intel i7, processor yang paling tinggi kastanya pada laptop dan ditemani GPU dari nvidia, GT 745M mampu melakukan komputasi graphical pada laptop ini tanpa beban, mendesain model 3D, editting, bermain game akan terasa lancar, tidak hanya kelebihan laptop ini pun memiliki beberapa kekurangan yaitu pada kapasitas batre yang bisa dibilang kecil untuk spesifikasi nya, batre akan cepat habis pada penggunaan intensif.

SARAN         
Laptop ASUS X450J ini sudah cukup bagus namun alangkah baik nya jika ASUS mengeluarkan produksi batre yang berkapasitas tinggi terpisah atau menyatu dengan produk, agar konsumen yang kerjanya pada laptop ini memiliki beberapa pilihan varian pada batre untuk laptop ini.






DAFTAR PUSTAKA


https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer_jinjing
https://www.detutorial.com/2016/05/review-pengalaman-menggunakan-laptop-asus-x450jf.html
http://belajarservicelaptoprusak.blogspot.co.id/2014/06/makalah-sejarah-dan-perkembangan-laptop.html
https://serabiteknologi.blogspot.co.id/2015/02/sejarah-singkat-penemuan-laptop.html
https://serabiteknologi.blogspot.co.id/2015/02/sejarah-singkat-penemuan-laptop.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Tingkat Manajemen PT.Indofood

Struktur Organisasi PT. INDOFOOD TOP MANAGEMENT : 1) Manajer Umum (General Manager) Manejer utama mempunyai wewenang tertinggi perusahaan yang bertanggung jawab atas berlangsungnya segala kegiatan perusahaan meliputi memimpin mengatur, membimbing dan mengarahkan organisasi perusahaan, dimana kegiatan tersebut untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam menghasilkan produk-produk berkualitas dengan jaminan sistem mutu yang selalu terjaga dan dilaksanakan secara konsisten. MIDDLE MANAGEMENT 2) Manajer Pabrik (Factory Manager) Manajer pabrik bertugas dan bertanggung jawab dalam mengatur dan mengawasi kegiatan yang berhubungan dengan produksi dan mengambil tindakan untuk kelancaran jalannya proses produksi. Selain itu manajer pabrik memiliki tugas dan tanggung jawab: (1) Merencanakan, mengkoordinasi, mengarahkan dan mengendalikan kegiatan manufacturing yang meliputi PPIC, produksi, teknik purchasing dan gudang untuk memperlancar proses pencapaian

PERBEDAAN BUDAYA MEMBACA DI INDONESIA DAN JEPANG

Oleh : Trisandi Ndu Ufi NPM : 16115952 Kelas : 1KA07 KATA PENGANTAR Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan penyertaanNya penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Perkembangan Teknologi Pertanian Indonesia”. Atas dukungan dan doa yang di berikan dalam penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan limpah terima kasih kepada : 1.       Kakak Muhammad Akram selaku dosen pembimbing mata kuliah Ilmu Budaya Dasar 2.       Teman-teman 1KA07 yang memberikan bimbingan dan arahan kepada penulis sehingga terwujudnya makalah ini 3.       Semua pihak yang tidak sempat penulis sebutkan satu persatu yang turut membantu kelancaran dalam penyusunan makalah ini              Dan harapan penulis semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca. Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.             Terlepas dari semua itu, pen

Analisis Sistem Pembayaran SPP SMA PKP Jakarta Islamic School

ANALISIS SISTEM PEMBAYARAN SPP ( STUDY KASUS : SMA PKP JAKARTA ISLAMIC SCHOOL)                                                                                              Oleh : Derlan Crystian Fatmawati Dewi Lianda sari M. Ginda Kinanta Ragil Satria W Trisandi Ndu Ufi PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS GUNDARMA DEPOK 2016/ 2017 Menganalisa sistem yang sedang berjalan             Dalam analisa ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam bagaimana cara kerja sistem tersebut dan hambatan yang ada. Perancangan analisa sistem yang sedang berjalan yang dilakukan berdasarkan urutan kejadian yang ada dan dari urutan kejadian tersebut dapat dibuat diagram flowchart nya.             Pada artikel ini, akan dijelaskan bagaimana sistem pembayaran di SMA PKP Jakarta Islamic School yang sedang berlangsung. Sistem pembayaran di sekolah ini sudah bisa melalui berbagai macam t